Syarat & Ketentuan

Kami, PT Gerbang Pembayaran Indonesia, sebuah perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum Indonesia, dalam Syarat dan Ketentuan (“S&K”) ini bertindak sebagai Pihak Pertama. Anda akan dianggap sebagai Pihak Kedua berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini. Pihak Pertama dan Pihak Kedua secara kolektif disebut sebagai Para Pihak dan masing-masing sebagai Pihak. Pihak Pertama atas diskresinya sendiri yang mutlak, berhak untuk mengamandemen, mengubah atau menambahkan S&K setiap saat (dengan tunduk pada hukum) dalam jumlah yang tidak terbatas dan tanpa batasan dengan menampilkan versi revisi S&K ini (https://www.linkita.id/syarat-dan-ketentuan ) , dengan ketentuan bahwa Pihak Pertama telah menyampaikan pemberitahuan tujuh (7) hari kalender sebelumnya (“Periode Pemberitahuan) atau Periode Pemberitahuan yang disetujui oleh Pihak Pertama dan Pihak Kedua secara tertulis sebelum tanggal efektif perubahan, modifikasi atau penambahan pemberitahuan tersebut melalui surat elektronik atau cara tertulis lainnya. Setelah menerima pemberitahuan tersebut dari Pihak Pertama, Pihak Kedua berhak untuk segera mengakhiri Perjanjian Layanan (“Perjanjian”) dengan Pihak Pertama dengan mengirimkan pemberitahuan tertulis kepada Pihak Pertama selama masa Periode Pemberitahuan dengan maksud untuk mengakhiri Perjanjian. Setelah berakhirnya Periode Pemberitahuan dan sejauh tidak ada pemberitahuan yang diterima oleh Pihak Pertama, Pihak Kedua dengan ini setuju untuk menerima dan terikat dengan amandemen, perubahan atau penambahan yang dilakukan terhadap S&K ini. S&K yang telah diamandemen, diubah, atau ditambah akan menggantikan semua versi terdahulu. Dengan menggunakan jasa-jasa dan fitur-fitur Pihak Pertama, dengan ini Pihak Kedua setuju untuk menerima dan tunduk pada Kebijakan Privasi Pihak Pertama yang dapat diakses disini  https://www.linkita.id/kebijakan-privasi/ (“Kebijakan Privasi”) S&K ini merupakan satu dokumen dengan Perjanjian dan tidak dapat ditafsirkan secara terpisah, kecuali jika secara khusus ditetapkan lain berdasarkan S&K ini dan/atau Perjanjian.
1. DEFINISI DAN INTERPRETASI
  1. Semua istilah dengan huruf kapital yang tidak didefinisikan dalam S&K ini akan memiliki makna yang diberikan padanya dalam Perjanjian.
  2. Istilah-istilah yang dinyatakan dalam bentuk tunggal juga termasuk bentuk jamaknya, dan sebaliknya.
  3. Untuk tujuan S&K ini, dan kecuali apabila konteksnya mensyaratkan secara lain:
“Afiliasi” artinya perusahaan induk, anak perusahaan, perusahaan terasosiasi atau entitas lain yang mengendalikan Pihak Pertama atau yang dikendalikan oleh Pihak Pertama atau yang berada di bawah pengendalian bersama oleh Pihak Pertama. “Akun Sub” artinya gerbang pengenal second-level yang dibuat oleh Pihak Pertama atas permintaan Pihak Kedua untuk pedagang. “Perjanjian” artinya perjanjian yang dibuat Para Pihak sehubungan dengan Layanan yang disediakan oleh Pihak Pertama kepada Pihak Kedua. “API” artinya aplikasi pemrograman antarmuka, satu set definisi subrutin, protokol-protokol dan alat –alat untuk membuat perangkat lunak dan aplikasi antarmuka, yang disediakan oleh Pihak Pertama dan dapat digunakan oleh Pihak Kedua untuk mengakses Layanan. “Layanan Pemrosesan Kartu” artinya: a. layanan pemrosesan, yang memungkinkan Pihak Kedua untuk menerima kartu kredit dan kartu debit sebagai cara pembayaran pada website atau mobile platform dan untuk menerima pembayaran dari pemegang kartu melalui cara pembayaran tersebut, dan yang termasuk, antara lain, penyediaan suatu akun merchant yang disponsori bank, alat perlindungan penipuan, fungsi penagihan yang berulang, penyimpanan kartu pembayaran, penerimaan valuta asing, white glove customer support, dan perangkat lunak lain yang diperlukan, API-API, layanan dan teknologi yang dijelaskan dalam Dokumentasi Layanan; dan b. layanan gateway, yang melengkapi Pihak Kedua dengan perangkat lunak dan konektivitas yang disyaratkan untuk memungkinkan transmisi data real-time yang aman untuk pemrosesan pembayaran kartu kredit dan debit pada suatu website atau mobile platform. “Tagihan” artinya suatu instruksi kredit atau debit untuk mengambil dana dari suatu rekening yang dimiliki Pemegang Kartu dengan suatu bank atau institusi keuangan lain sehubungan dengan suatu transaksi antara Pemegang Kartu  dan Pihak Kedua. “Tagihan Balik” artinya keberatan atas pembayaran kepada Pihak Kedua yang diajukan Pengguna Akhir secara langsung kepada penerbit kartu kreditnya atau penerbit kartu debitnya. “Penerimaan” artinya tindakan yang dilakukan oleh Pihak Pertama atas nama Pihak Kedua yang memungkinkan Pihak Kedua menerima pembayaran(-pembayaran) dari Pengguna Akhir, melalui Rekening Virtual, Layanan Pemrosesan Kartu, Toko Ritel (contoh: Alfamart), Dompet Elektronik (contoh: OVO) dan via API. “Pemegang Kartu” artinya subject hukum yang memegang kartu debit atau kartu kredit yang diterbitkan oleh institusi Bank atau institusi keuangan lainnya. “Pengguna Akhir” artinya orang atau badan yang menggunakan jasa atau produk dari Pihak Kedua. “Informasi Rahasia” artinya setiap data atau informasi, secara lisan atau tertulis, yang dianggap sebagai rahasia yang berhubungan dengan salah satu Pihak (atau jika salah satu Pihak terikat untuk melindungi kerahasiaan dari informasi milik pihak ketiga, maka data atau informasi yang dimaksud merupakan milik pihak ketiga tersebut) riset atau kegiatan pengembangan  termasuk produk dan jasa yang tidak diumumkan, setiap informasi terkait dengan pengembangan, Dokumentasi Layanan (dalam bentuk atau media apapun yang disediakan), penemuan, proses, rencana, informasi finansial atau informasi uji tuntas, data pribadi dan informasi Pengguna Akhir yang dapat diidentifikasi, dan persyaratan keuangan dari Perjanjian yang ada di masa lalu, sekarang, atau masa depan. Terlepas dari ketentuan di atas, informasi tidak boleh dianggap sebagai Informasi Rahasia jika: (i) telah diketahui pihak yang menerima sebelum Tanggal Berlaku dari Perjanjian, sebagaimana yang ditetapkan oleh bukti yang terdokumentasi; (ii) sedang atau telah memasuki ruang publik tanpa melalui pelanggaran atas Perjanjian atau tindakan tanpa hak lain dari pihak yang menerima; (iii) telah diterima dengan sah oleh pihak yang menerima dari pihak ketiga dan tanpa melanggar kewajiban dari kerahasiaan atas pihak ketiga tersebut kepada pemilik Informasi Rahasia (iv) telah disetujui untuk diumumkan melalui pemberian otorisasi secara  tertulis dari pemilik Informasi Rahasia; atau, (v) telah dikembangkan secara independen oleh suatu pihak tanpa akses terhadap atau kegunaan atas Informasi Rahasia pihak lain. “Dashboard” artinya suatu platform pelaporan berbasis web yang diberikan oleh Pihak Pertama kepada Pihak Kedua. “Direct Debit” artinya pembayaran debit langsung dari rekening bank Pengguna Akhir melalui penautan akses perbankan dalam jaringan  atau kartu debit satu kali. “Fraud Detection System” selanjutnya disebut “FDS” artinya sistem penilaian otomatis yang dapat secara proaktif pembayaran beresiko tinggi. “Rekening Tujuan” artinya suatu rekening yang ditentukan oleh Pihak Kedua yang ke dalamnya, atas instruksi Pihak Kedua yang dibuat sesuai dengan prosedur yang ditetapkan Pihak Pertama, dana akan dikirimkan oleh Pihak Pertama. “Pengiriman Dana” artinya tindakan yang dilakukan oleh Pihak Pertama atas nama Pihak Kedua yang menyebabkan, melalui transfer bank, perpindahan Dana dari suatu Rekening Dana Talangan ke Rekening Tujuan melalui API atau dengan cara unggah secara manual. “IDR“, “Rupiah” atau “Rp.” artinya mata uang yang sah untuk saat ini di Indonesia. “USD” artinya mata uang yang sah pada saat ini di Amerika Serikat. “Pedagang Valas” artinya pedagang valuta asing yang berlisensi yang ditunjuk oleh Pihak Pertama untuk melayani permintaan Pihak Kedua untuk mengkonversi IDR ke USD, USD ke IDR, IDR ke valuta asing lainnya dan sebaliknya. “UI Tagihan” atau “UI Checkout”, istilah mana dapat digunakan secara bergantian dalam T&C ini, artinya halaman pembayaran antarmuka pengguna yang disediakan oleh Pihak Pertama. “Kerugian” artinya kerugian, kerusakan, kewajiban, biaya dan pengeluaran (termasuk upah dan pengeluaran dari penasehat hukum dan lainnya, biaya pengadilan dan biaya penyelesaian sengketa lainnya) yang diderita atau dikeluarkan oleh suatu pihak. “PayLater” juga merujuk pada “kredit tanpa kartu” yang artinya pembayaran kredit atau cicilan pembayaran dari platform kredit pihak ketiga “Kode QR” artinya instrumen pembayaran yang digunakan oleh Pihak Kedua untuk menerima pembayaran dari Pengguna Akhir  (dengan menampilkan rangkaian QR yang diberikan untuk Pengguna Akhir guna memindai dan mengkonfirmasi pembayaran) “Pengembalian Dana” artinya suatu instruksi yang diinisiasikan oleh Pihak Kedua untuk mengembalikan dana ke Pengguna Akhir untuk Tagihan atau pembayaran melalui kanal pembayaran lainnya yang ada. “Pembalikan Dana” artinya suatu instruksi yang diinisiasikan oleh setiap bank, usaha layanan keuangan, jaringan pembayaran, atau lembaga intermediasi keuangan lain, atau Pihak Pertama untuk mengembalikan dana untuk suatu Tagihan yang ada. Pengembalian dapat terjadi karena (i) tidak berlakunya suatu tagihan oleh suatu bank, usaha layanan keuangan, jaringan pembayaran, atau lembaga intermediasi keuangan lain; (ii) penyelesaian dana  terhadap Pihak Kedua karena adanya kesalahan atau tidak adanya otorisasi; dan (iii) pengajuan atas suatu Tagihan yang melanggar Aturan Jaringan, atau dimana pengajuan Tagihan atau penggunaan Layanan Pemrosesan Kartu oleh Pihak Kedua melanggar S&K ini atau Perjanjian. “Transaksi Pihak Kedua” artinya informasi terkait dengan pembelian barang dan jasa dari Pihak Kedua oleh suatu Pengguna Akhir. “Dokumentasi Layanan” artinya secara kolektif, instruksi pengoperasian, panduan pengguna, dan berkas bantuan, dalam bentuk tertulis atau elektronik, yang dibuat tersedia bagi Pihak Kedua (termasuk, namun tidak terbatas pada, informasi yang ditemukan dalam www.linkita.id), dan yang dimaksudkan untuk digunakan sehubungan dengan Layanan. “Dana Talangan” artinya setiap penambahan atas saldo dalam Rekening Dana Talangan yang harus dilakukan dalam Rupiah kecuali apabila Layanan melibatkan suatu konversi valuta asing sebelum Pengiriman Dana, dalam hal mana Dana Talangan tersebut harus dilakukan dalam USD sepanjang diperbolehkan berdasarkan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. “Rekening(-Rekening) Dana Talangan” artinya rekening(-rekening) bank yang dibuat dan dikelola pada setiap Bank yang ditunjuk oleh Pihak Pertama yang ditunjuk untuk tujuan menyimpan saldo dana Pihak Kedua untuk dan selama Pihak Kedua menggunakan Layanan. “Rekening Virtual” artinya suatu rekening bank sementara yang dibuat oleh Pihak Pertama untuk menerima dana yang ditujukan bagi Pihak Kedua.
2. BIAYA LAYANAN DAN SALDO DASBOR
  1. Kecuali disepakati lain secara tertulis antara Para Pihak, biaya layanan yang akan dibayar oleh Pihak Kedua ke Pihak Pertama untuk Layanan (termasuk (apabila ada) adalah setiap mata uang dan biaya Tagihan Balik yang harus ditanggung oleh Pihak Kedua) harus mengacu pada Lampiran Harga dalam Perjanjian dan merujuk pada dokumen ini. Apabila Pihak Kedua telah menggunakan Layanan Pihak Pertama, tanpa ada perjanjian atau negosiasi terlebih dahulu dengan Pihak Pertama, maka biaya dan tagihan yang berlaku dan dapat dibayarkan haruslah yang ditentukan dalam daftar harga di www.linkita.id yang menjadi rujukan pada dokumen ini.
  2. Pihak Kedua harus membayar biaya layanan untuk Layanan kepada Pihak Pertama sesuai dengan ketentuan pada Perjanjian.
  3. Suatu Penerimaan harus dianggap dilaksanakan ketika dana yang disebutkan dalam suatu tagihan yang diterbitkan oleh Pihak Kedua berhasil ditransfer oleh Pengguna Akhir ke rekening bank yang ditunjuk sebagaimana disebutkan dalam tagihan tersebut. Suatu Pengiriman Dana harus dianggap telah dilakukan ketika dana yang disebutkan dalam instruksi Pihak Kedua (dalam hal suatu Pengiriman Dana melalui API) pada API terkait atau (dalam hal suatu Pengiriman Dana dengan cara unggah manual) pada berkas .XSLX yang diunggah Pihak Kedua untuk suatu transaksi yang berhasil dikirimkan dari saldo Pihak Kedua ke rekening bank terkait yang ditunjuk Pihak Kedua untuk tujuan penerimaan dana.
  4. Pihak Pertama berhak untuk merevisi Lampiran Harga dan harga dan tagihan yang disepakati pada setiap waktu, dengan ketentuan bahwa pemberitahuan perubahan tersebut telah diberikan kepada Pihak Kedua sesuai dengan Klausul 4.2 dari Perjanjian.
  5. Pihak Kedua setuju bahwa Pihak Pertama berhak untuk segera melakukan pemotongan langsung atas setiap pengeluaran, biaya, harga atau tagihan yang terhutang oleh Pihak Kedua kepada Pihak Pertama sesuai dengan Lampiran Harga atau setiap Kerugian yang secara sah dan sesuai dengan hukum dikeluarkan oleh Pihak Pertama sebagai akibat dari tindakan Pihak Kedua, sebagaimana ditentukan dalam Klausul 7 (Penyelesaian Sengketa) dari Perjanjian, S&K 2.6 atau S&K 7 di bawah, sebelum mengirimkan jumlah apapun yang menjadi hak Pihak Kedua.
  6. Kecuali ditentukan lain oleh Para Pihak secara tertulis dalam Perjanjian maka dalam hal ada suatu jumlah yang telah jatuh tempo (atau bagian apapun dari itu) yang dinyatakan dalam suatu tagihan tidak diselesaikan sepenuhnya dalam tujuh (7) hari sejak tanggal Tagihan tersebut, Pihak Pertama berhak untuk menagih bunga pada tingkat suku bunga satu persen (1%) per bulan atas jumlah yang telah jatuh tempo tersebut (atau bagian dari itu), yang dapat ditagih tujuh (7) hari dari sejak tanggal tagihan tersebut jatuh tempo dan akan mencakup tanggal tagihan yang terutang (atau bagian darinya) harus sepenuhnya diselesaikan oleh Pihak Kedua.
  7. Pihak Pertama mendukung Pihak Kedua untuk menarik dana yang tidak digunakan di saldo dasbor dalam hal dasbor tidak aktif selama lebih dari 30 (tiga puluh) hari kerja.
3. LAYANAN PENGIRIMAN DANA
Setiap Pengiriman Dana yang dilakukan atau yang akan dilakukan oleh Pihak Pertama atas nama Pihak Kedua akan selalu tunduk kepada ketentuan berikut ini:
  1. Instruksi untuk melakukan Pengiriman Dana hanya bisa diberikan oleh Pihak Kedua kepada Pihak Pertama melalui API atau dengan cara pengunggahan secara manual pada Dashboard dan seluruh instruksi tersebut hanya berlaku jika dibuat sesuai dengan format atau template yang ditetapkan oleh Pihak Pertama dalam Dokumentasi Layanan. Pihak Pertama tidak berkewajiban untuk melakukan Pengiriman Dana atas nama Pihak Kedua bila instruksi Pengiriman Dana yang disampaikan belum sesuai dengan S&K 3.1 ini.
  2. Semua instruksi yang diterima untuk melakukan Pengiriman Dana yang disampaikan dengan kunci API Pihak Kedua akan dianggap final dan tidak dapat dibatalkan pada saat pengiriman, yaitu pada saat Pihak Kedua mengajukan permintaan Pengiriman Dana melalui API. Cap waktu yang muncul dalam tanggapan yang dikembalikan oleh API Pihak Pertama setelah permintaan dari Pihak Kedua tersebut, merupakan bukti konklusif tentang waktu penyampaian permintaan tersebut.
  3. Semua instruksi yang diterima untuk melakukan Pengiriman Dana yang disampaikan oleh Pihak Kedua dengan cara pengunggahan secara manual ke Dashboard dianggap final dan tidak dapat dibatalkan pada saat pengiriman, yaitu saat dokumen .XLSX berisi instruksi Pihak Kedua terkait Pengiriman Dana telah berhasil diunggah ke Dashboard.
  4. Dalam keadaan apapun, Pihak Pertama tidak akan berkewajiban untuk melakukan Pengiriman Dana atas nama Pihak Kedua kecuali dan sampai dengan nilai saldo di Rekening Dana Talangan sama dengan atau lebih besar dari jumlah nilai Pengiriman Dana yang diminta oleh Pihak Kedua dan biaya layanan sehubungan dengan Pengiriman Dana tersebut, sebagaimana tercantum dalam Lampiran Harga.
  5. Apabila saldo dalam Rekening Dana Talangan sama dengan atau lebih besar dari jumlah nilai Pengiriman Dana yang diminta oleh Pihak Kedua dan biaya layanan sehubungan dengan Pengiriman Dana tersebut yang tercantum dalam Lampiran Harga, Pihak Pertama harus melakukan Pengiriman Dana tersebut (dalam hal permintaan untuk Pengiriman Dana diterima pada pukul 15:00 di hari kerja atau apabila permintaan Pengiriman Dana diterima setelah pukul 15:00 di hari kerja dan nilai dari Pengiriman Dana yang dimintakan lebih rendah dari Rp 50 juta) pada pukul 23:59 pada hari yang sama dan (dalam hal jumlah permintaan Pengiriman Dananya lebih tinggi dari Rp 50 juta dan jika permintaan Pengiriman Dana tersebut diterima pada pukul 15:00 pada hari kerja atau jika permintaan Pengiriman Dana tersebut diterima diluar hari kerja) pada pukul 23:59 pada hari kerja berikutnya DENGAN KETENTUAN bahwa Pihak Pertama tidak akan pernah dianggap melanggar S&K 3.5 ini dan Afiliasinya tidak akan pernah dianggap bertanggung jawab atas Kerugian yang timbul bagi Pihak Kedua sebagai akibat dari penundaan atau kegagalan Pihak Pertama atau Afiliasinya untuk melakukan Pengiriman Dana (baik langsung maupun tidak langsung) sebagai akibat dari kesalahan, kegagalan, keterlambatan, kerusakan, penundaan atau peristiwa lain yang timbul diluar kendali Pihak Pertama atau Afiliasinya (termasuk, namun tidak terbatas pada, kegagalan teknis atau infrastruktur atau kerusakan pada sistem transmisi perbankan dan keuangan).
  6. Pengiriman Dana dianggap telah dilakukan oleh Pihak Pertama (dalam hal Pengiriman Dana melalui API) saat permintaan Pengiriman Dana Pihak Kedua mencapai server Pihak Pertama dan tanggapan yang dikembalikan oleh API Pihak Pertama menampilkan pesan bahwa transaksi tersebut “COMPLETED” dan (dalam hal Pengiriman Dana melalui pengunggahan secara manual) ketika status permintaan Pihak Kedua untuk Pengiriman Dana menunjukkan pesan “COMPLETED” pada layar bagian Pengiriman Dana Kolektif pada Dashboard Pihak Kedua.
  7. Pihak Kedua mengakui dan menerima bahwa kewajiban Pihak Pertama kepada Pihak Kedua sehubungan dengan setiap Pengiriman Dana telah selesai setelah keadaan pada Klausul 3.6 diatas terpenuhi, dan mengakui dan menerima bahwa Pihak Pertama dan Afiliasinya tidak bertanggung jawab atas Kerugian yang diderita oleh Pihak Kedua sehubungan dengan kesalahan, kegagalan, keterlambatan, kerusakan, penundaan atau kejadian lainnya yang mempengaruhi proses akhir Pengiriman Dana oleh Bank yang telah membuat, mengelola dan memelihara Rekening(-rekening) Dana Talangan dan Rekening Tujuan.
  8. Pihak Pertama menjamin bahwa, dengan tunduk pada S&K 3.8 ini, semua dana yang diterima oleh Pihak Pertama dan/atau salah satu dari Afiliasinya untuk dan atas nama Pihak Kedua akan disimpan untuk kepentingan Pihak Kedua, kecuali pengeluaran, biaya, ongkos atau tagihan yang harus dibayar oleh Pihak Kedua kepada Pihak Pertama sesuai dengan Lampiran Harga atau Kerugian apapun yang secara sah diderita oleh Pihak Pertama sebagai akibat perbuatan Pihak Kedua, sebagaimana ditentukan dalam Klausul 7 (Penyelesaian Sengketa) Perjanjian, S&K 2.6 atau S&K 7 di bawah ini.
  9. Pihak Kedua setuju untuk tunduk pada syarat dan ketentuan dari Bank(-bank) yang ditunjuk bersama dengan siapa Pihak Pertama akan memberikan Layanan (termasuk, namun tidak terbatas pada, batasan atau perubahan pada jam dimana Rekening Virtual dapat dialokasikan oleh Bank yang ditunjuk) dan semua persyaratan dan ketentuan tersebut menjadi bagian Perjanjian ini sebagai referensi.
  10. Pihak Kedua menerima dan setuju bahwa ia sepenuhnya bertanggung jawab dalam meninjau referensi API dan menguji integrasi API sebelum memproses pembayaran secara langsung menggunakan API Pihak Pertama. Pihak Kedua mengakui bahwa Pihak Pertama telah menyediakan idempotensi pada API Pembayarannya sehingga Pihak Kedua dapat dengan aman mencoba kembali permintaan tanpa secara tidak sengaja melakukan permintaan yang sama sebanyak dua kali. Adalah tanggung jawab Pihak Kedua untuk mengimplementasikan idempotensi pada permintaannya untuk mencegah kerugian dari permintaan ulang yang tidak aman. Pihak Kedua setuju dan sepenuhnya bertanggung jawab atas segala kerugian yang timbul dari tidak melaksanakan permintaan yang idempotensi.
4. LAYANAN PENERIMAAN  DAN PENARIKAN
Setiap Penerimaan yang dilakukan atau yang akan dilakukan oleh Pihak Pertama atas nama Pihak Kedua selalu tunduk kepada ketentuan berikut ini: 1. Pihak Kedua harus mengkonfigurasi metode yang dipilihnya untuk memungkinkan Pihak Pertama melakukan Penerimaan dengan memberi tahu perwakilan, karyawan, pejabat atau direktur Pihak Pertama akan pilihannya dalam Penerimaan apakah itu dengan metode Rekening Virtual tetap atau tidak tetap, atau Toko Ritel atau Dompet Elektronik, melalui Layanan Pesan Instan yang disetujui oleh kedua Pihak atau metode lain secara tertulis. 2. Pihak Kedua harus membuat tagihan melalui API atau Tagihan UI untuk setiap transaksi dengan Pengguna Akhir, hal mana Penerimaan dari Pengguna Akhir akan dilakukan oleh Pihak Pertama atas nama Pihak Kedua. 3. Setiap tagihan yang dibuat oleh Pihak Kedua akan kadaluwarsa setelah dua puluh empat (24) jam sejak pembuatan kecuali Pihak Pertama menerima pemberitahuan dari Pihak Kedua untuk mengubah periode kadaluwarsa tersebut, dimana pemberitahuan tersebut harus dilakukan melalui Layanan Pesan Instan atau metode lain secara tertulis. 4. Jika Pihak Kedua memilih untuk melakukan layanan switching dari Pihak Pertama, ketentuan berikut berlaku: a. Pihak Kedua harus menandatangani perjanjian kerja sama dengan bank mitra pilihannya sebelum melakukan layanan switching dengan Pihak Pertama. b. Pihak Kedua harus memberikan salinan perjanjian kerja sama yang ditandatangani dengan bank mitra pilihannya kepada Pihak Pertama saat dimintakan oleh Pihak Pertama. c. Pihak Pertama berhak menentukan jumlah minimum transaksi yang harus dilakukan oleh Pihak Kedua saat menggunakan layanan switching Pihak Pertama setiap saat, yang akan berlaku efektif bagi Pihak Kedua tidak kurang dari tiga puluh (30) hari sejak pemberitahuan. d. Jika Pihak Kedua menggunakan jaringan telepon tetap, segala biaya instalasi dan / atau biaya berlangganan sehubungan dengan interkoneksi yang dipasang antara situs Pihak Kedua dan sistem Pihak Pertama harus ditanggung sepenuhnya oleh Pihak Kedua. e. Para Pihak sepakat bahwa rekonsiliasi data transaksi untuk bulan sebelumnya harus dilakukan paling lambat tanggal 10 setiap bulannya, dengan cara saling menandatangani risalah rekonsiliasi. 5. Apabila Pihak Kedua memilih untuk menggunakan layanan Penerimaan Pihak Pertama melalui jalur pembayaran yang dikelola oleh Toko Ritel (misalnya Alfamart, IndoMaret) atau Penyelenggara Dompet Elektronik, Pihak Kedua setuju untuk tunduk pada syarat dan ketentuan Toko Ritel atau Penyelenggara Dompet Elektronik (termasuk, namun tidak terbatas pada, batasan atau perubahan pada jam dimana pembayaran dapat diterima melalui jalur pembayaran yang dikelola oleh Toko Ritel atau Penyelenggara Dompet Elektronik) dan semua persyaratan dan ketentuan tersebut akan menjadi Lampiran dokumen ini sebagai referensi. 6. Apabila ditentukan oleh Pihak Kedua bahwa, Rekening(-rekening) Virtual yang akan dibuat dan dikelola oleh Pihak Pertama atas nama Pihak Kedua dengan Bank yang ditunjuk untuk tujuan menerima pembayaran(-pembayaran) dari Pengguna(-pengguna) Akhir. Rekening Virtual tersebut dapat terkategori sebagai salah satu hal berikut: a. Rekening Virtual tidak tetap, yang merupakan Rekening Virtual yang belum ditentukan atau ditetapkan secara permanen kepada Pengguna Akhir manapun. Setiap Rekening Virtual tidak tetap akan digunakan untuk transaksi individual Pihak Kedua, yang setelah selesai Rekening Virtual tidak tetap tersebut akan ditambahkan ke kumpulan Rekening Virtual tidak tetap yang tersedia dan mungkin digunakan kembali untuk transaksi lain bagi Pihak Kedua; atau b. Rekening Virtual tetap, yang merupakan Rekening Virtual dengan nomor rekening unik yang ditentukan atau ditetapkan secara permanen ke seorang Pengguna Akhir. Rekening Virtual tetap tersebut harus digunakan untuk semua transaksi dengan Pengguna Akhir yang ditentukan sampai dengan Pihak Kedua memberi pemberitahuan kepada Pihak Pertama untuk menutup Rekening Virtual tetap tersebut, pemberitahuan tersebut dilakukan melalui Layanan Pesan Instan atau metode lain secara tertulis. 7. Pihak Kedua harus mengikuti instruksi yang ditetapkan di (dalam hal Rekening Virtual tidak tetap) dan (dalam hal Rekening Virtual tetap) untuk mengaktifkan Rekening Virtualnya. 8. Apabila pembayaran kepada Pihak Kedua oleh Pengguna Akhir dilakukan ke Rekening Tujuan yang akurat dengan jumlah yang tepat dan sebelum tanggal kadaluarsa sebagaimana diuraikan pada tagihan yang dikirimkan kepada dan dimaksud untuk Pengguna Akhir tersebut (pembayaran tersebut dilakukan baik dengan Rekening Virtual tetap atau tidak tetap), Pihak Pertama akan mendeteksi pembayaran tersebut sebagai berikut: a. (dalam hal pembayaran dilakukan sebelum pukul 17.00 pada hari kerja) paling lambat tiga puluh (30) menit sejak pembayaran tersebut dilakukan; dan b. (dalam hal pembayaran dilakukan setelah pukul 17.00 pada hari kerja atau pada hari libur) selambat-lambatnya pada hari kerja berikutnya setelah pembayaran dilakukan,Pihak Pertama maupun salah satu Afiliasinya TIDAK AKAN PERNAH DIANGGAP melanggar S&K 4.9 ini atas tanggung jawab ganti rugi yang timbul bagi Pihak Kedua sebagai akibat dari keterlambatan atau kegagalan Pihak Pertama atau Afiliasinya untuk mendeteksi pembayaran (baik secara tidak langsung atau langsung) baik karena kesalahan, kegagalan, keterlambatan, kerusakan, penundaan atau kejadian lain yang timbul diluar kendali Pihak Pertama atau Afiliasinya (termasuk, namun tidak terbatas pada, kegagalan teknis atau infrastruktur atau kegagalan dalam sistem transmisi perbankan dan keuangan).Untuk menghindari keraguan, Pihak Pertama tidak diwajibkan untuk mendeteksi pembayaran bagi Pihak Kedua dari Pengguna Akhir dimana pembayaran tersebut dilakukan ke rekening tujuan yang salah, dengan jumlah yang salah atau setelah tanggal kadaluarsa sebagaimana yang diuraikan di tagihan yang dikirimkan ke dan dimaksud untuk Pengguna Akhir tersebut (pembayaran tersebut terpengaruh baik terhadap Rekening Virtual atau jalur pembayaran Toko Ritel atau Dompet Elektronik). 9. Dimana pembayaran yang akan datang dari Pengguna akhir dibuat dengan salah, baik itu atas (i) pembayaran dengan jumlah yang salah yang tidak sesuai dengan jumlah yang dibebankan dalam tagihan yang dikirim ke dan ditujukan untuk Pengguna Akhir tersebut, (ii) pembayaran dana ke tujuan yang salah, atau (iii) kegagalan untuk menyelesaikan transaksi kartu kredit dan / atau debit, maka Pihak Kedua berhak untuk melakukan peninjauan kembali atas suatu transaksi dengan melakukan pemberitahuan kepada Pihak Pertama, pemberitahuan tersebut dilakukan via Layanan Pesan Instan atau metode tertulis lainnya. Pihak Pertama dapat menanggapi pemberitahuan tersebut (dalam hal pemberitahuan tersebut dilakukan sebelum pukul 17.00 pada hari kerja) paling lambat pukul 23.59 pada hari kerja berikutnya dan (dalam hal pemberitahuan tersebut dibuat setelah pukul 17.00 pada hari kerja atau pada hari libur) selambat-lambatnya dua (2) hari kerja setelah pemberitahuan tersebut dibuat. 10. seluruh pembayaran yang diterima oleh Pihak Pertama atas nama Pihak Kedua sebagai hasil dari pelaksanaan dari Pihak Pertama atas seluruh Penerimaan, baik melalui Rekening Virtual atau jalur pembayaran dari Toko Ritel atau Dompet Elektronik, akan ditambahkan ke saldo dari Pihak Kedua oleh Pihak Pertama. 11. Penyelesaian semua dana yang diterima ke dalam saldo Pihak Kedua akan dilakukan dengan basis H + 1 hari kerja, dan semua pembayaran yang terutang kepada Pihak Kedua akan dihitung dan dialihkan ke Rekening (-rekening) Dana Talangan Pihak Kedua yang saldonya akan tersedia pada Dashboard Pihak Kedua serta siap untuk dikirimkan atau ditarik selambat-lambatnya pukul 23.59 satu (1) hari kerja setelah menerima pembayaran terakhir dari Pengguna Akhir, dengan syarat pembayaran tersebut dilakukan sebelum pukul 17.00 pada hari kerja, dengan dikurangi segala pengeluaran, biaya, ongkos atau tagihan yang harus dibayar oleh Pihak Kedua ke Pihak Pertama sesuai dengan Lampiran Harga, Perjanjian dan S&K ini. Kecuali tunduk pada Klausul 5 Perjanjian, Pihak Kedua berhak untuk menarik dana yang ditahan atas namanya di Rekening Dana Talangan sebagaimana tercermin dalam Dashboard miliknya setiap saat. 12. Pihak Pertama menjamin bahwa, tunduk pada S&K 4.13, semua dana yang diterima oleh Pihak Pertama dan/atau salah satu dari Afiliasinya atas nama Pihak Kedua diadakan untuk kepentingan tunggal Pihak Kedua, dan bahwa, kecuali untuk pengeluaran, biaya, ongkos atau tagihan yang harus dibayar oleh Pihak Kedua kepada Pihak Pertama sesuai dengan Lampiran Harga, Perjanjian atau S&K ini atau Kerugian yang sah secara hukum timbul bagi Pihak Pertama sebagai akibat tindakan Pihak Kedua, sebagaimana ditentukan sesuai dengan Klausul 7 (Penyelesaian Sengketa) dari Perjanjian, S&K 2.6 di atas atau S&K 7 di bawah, Pihak Pertama tidak memiliki hak atas dana yang diterima atas nama Pihak Kedua. 13. Pihak Kedua setuju untuk tunduk pada syarat dan ketentuan dari Bank(-bank) yang ditunjuk bersama dengan siapa yang Pihak Pertama berikan Layanan (termasuk, namun tidak terbatas pada, batasan atau perubahan pada jam selama Rekening Virtual dapat dialokasikan oleh Bank yang ditunjuk) dan semua persyaratan dan ketentuan tersebut menjadi bagian dokumen ini sebagai referensi. 14. Pihak Kedua berhak untuk menarik dana yang disimpan atas namanya di dalam Rekening(-rekening) Dana Talangan selama rekening bank penarikan yang ditunjuk memenuhi satu atau lebih dari persyaratan berikut: a) Rekening bank yang ditunjuk dalam transaksi penarikan dimiliki sendiri oleh Pihak Kedua; dan/atau b) Rekening bank yang ditunjuk dalam transaksi penarikan tersebut, dimiliki oleh pemegang Akun-Sub

PT Gerbang Pembayaran Indonesia

GRHA INFESTA, Komplek Perkantoran Ruko Surya Inti Permata Juanda Super Blok A No. 28 Jln. Raya Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia 61253

TENTANG KAMI

IKUTI KAMI

partnership-Linkita