Terbaru, 2 Cara Cek Pembayaran BPJS dengan Mudah

cara cek pembayaran BPJS

Cara cek pembayaran BPJS sebenarnya bisa di lakukan dengan 2 cara, yakni dengan melakukan pengecekan cara cek BPJS sudah bayar atau belum cara cek pembayaran BPJS secara online dan offline. BPJS sebagai badan penyelenggara layanan jaminan kesehatan untuk masyarakat Indonesia memang banyak dipilih karena menawarkan berbagai keunggulan, khususnya sebagai perlindungan kesehatan di masa mendatang.

Sebenarnya prinsip yang kerap ditunjukkan dalam sistem pembayaran BPJS sendiri adalah merupakan bentuk gotong royong. Maka dimana setiap warga negara turut membahu membayar iuran untuk memperoleh dan menyediakan sarana layanan kesehatan yang dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Nach, agar kita dapat memperoleh layanan kesehatan dari BPJS ini maka kita sebagai warga negara Indonesia harus membayar iuran perbulannya. Tapi sebelumnya, biasanya mungkin di antara kalian ingin mengetahui bagaimanacara cek pembayaran BPJS kesehatan terlebih dahulu untuk menyiapkan uang yang perlu dikeluarkan nantinya.
Dan untuk memudahkan Anda mengetahui besarnya tagihan tagihan BPJS, simak penjelasan lengkap cara cek pembayaran BPJS berikut ini!

 

Cara Cek Pembayaran BPJSdengan Mudah

Cara melihat tagihan BPJS dan pembayaran secara Online

Saat sebelum melakukan pembayaran iuran BPJS perbulan, sebaiknya Kamu harus mengetahui terlebih dahulu jumlah pembayaran atau iuran BPJS.Cara cek pembayaran BPJSyang pertama adalah secara online. Berikut penjelasannya :

Baca juga :  Ingin Cek dan Bayar PDAM Pacitan? Lihat ini, Lebih Mudah dan Murah!

1.Cara cek pembayaran BPJSmelalui Aplikasi

Cara melihat tagihan BPJS yang paling mudah dengan cara online yaitu melalui aplikasi, Baik dengan aplikasi monile JKN maupun aplikasi LinKita.

Bayar dengan aplikasi LinKita

Aplikasi Linkita merupakan aplikasi keagenan yang menyediakan berbagai produk PPOB yang lengkap, tak lain termasuk tagihan iuran BPJS kesehatan. Kamu bisa mengecek di aplikasi Linkita, caranya juga mudah banget, tinggal masukkan saja 13 digit nomor kartu BPJS kamu, nanti akan muncul tagihan di bulan ini dan juga kamu bisa langsung membayarnya dengan biaya yang murah di banding yang lain. Bisa di coba aplikasi agen linkita download di sini

 

Dengan aplikasi Mobile JKN

cara pertama yang perlu dilakukan ialah mendownload aplikasi Mobile JKN lebih dulu dari Play Store atau AppStore, lalu memasangnya di handphone Anda.

Kemudian, masuk ke akun Mobile JKN dengan mengisi formulir yang diminta. Setelah masuk ke akun, klik menu ‘Tagihan’ di halaman muka aplikasi. Untuk melihat tagihan atau lembaga iuran BPJS Kesehatan, Anda tinggal mengklik ‘premi’ dan data itu akan ada di layar ponsel Anda.

2.Cara cek pembayaran BPJS Lewat Website

  1. Pertama kali, hal yang penting dilakukan adalah masuk ke situs resmi BPJS Kesehatan.
  2. Setelahnya, pilih menu ‘Cek Iuran BPJS Kesehatan’ yang berada di samping kanan halaman depan. Anda tinggal memasukkan 13 digit nomor kartu JKN Anda, tanggal lahir, dan angka validasi yang dicantumkan pada gambar.
  3. Lalu, klik tombol cek dan data pembayaran iuran Anda akan segera tampil di layar.

3.Cara cek pembayaran BPJS Melalui SMS

Cara selanjutnya adalah mengirim SMS untuk mengetahui pembayaran yang sudah Anda lakukan. Caranya lumayan gampang: tulis pesan dengan pola Tagihan, Nomor Kartu BPJS Kesehatan, lalu kirim ke nomor 087775500400.

Baca juga :  Cara Cek Tagihan dan Bayar PDAM Indramayu Tanpa Antre? Ini Caranya!

Misalnya: TAGIHAN 0001260945809. Lantas kirim ke nomor 087775500400.

 

Cara Cek Tagihan BPJS secara Off-line

Disamping cara cek pembayaran BPJSkesehatan secara online, sebenarnya kamu juga bisa mengecekpembayarankesehatan secara offline. Namun untuk lebih menghemat transportasi, seharusnya cara ini dilaksanakan dengan pembayaran iuran BPJS kesehatan secara langsung.

Untuk pembayaran BPJS offline ini, Kamu bisa melakukan dengan cara mengunjungi kantor cabang BPJS atau minimarket/outlet-outlet yang telah bekerja sama dengan BPJS, seperti Indomaret dan Alfamaret.

1. Cek Pembayaran BPJS Kesehatan di Kantor Cabang BPJS

Untuk melakukan pengecekan iuran BPJS kesehatan dan pembayaran iurannya langsung di kantor BPJS, Kamu dapat mengikuti beberapa langkah cek pembayaran BPJS berikut :

  • Silakan datang ke kantor BPJS terdekat dari lokasi rumahmu.
  • Lalu sampaikan maksudmu datang ke kantor BPJS kepada staf yang bertugas.
  • Karena Kamu ingin mengecek sekalian melakukan pembayaran tagihan BPJS, berikan nomor kepesertaan BPJS-mu ke peserta.
  • Setelah itu petugas loket kantor BPJS akan segera 9 jumlah uang atau tagihan BPJS yang perlu Anda bayar.
  • Bila ingin melakukan pembayaran secara langsung, berikan uang sebesar nominal tagihan BPJS yang disebut.
  • Ingat, bukti simpan atau tanda terima pembayaran tagihan BPJS.

Sebenarnya cara ini sangat mudah, kan? asal Kamu punya banyak waktu untuk ke kantor BPJS kesehatan saja.

2. Cek Pembayaran BPJS di Alfamart dan Indomaret

Bila jarak kantor BPJS Kesehatan dari rumahmu susah dijangkau, maka Kamu bisa coba memeriksa pembayaran BPJS di outlet yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Ada beberapacara cek pembayaran BPJS mudah yang dapat dicoba untuk mengetahui jumlah uangBPJSsekalian melakukanpembayarandi kasir Alfamart atau Indomaret. Inilah langkahnya:

  • Silakan datangi outlet Alfamart dan Indomaret terdekat.
  • Lalu sampaikan maksudmu ke kasir untuk mengecek pembayaran tagihan BPJS sekaligus melakukan pembayaran.
  • Kamu dapat memberikan atau memberi tahu nomor kepesertaan BPJS kesehatanmu.
  • Setelah itu petugas kasir di Alfamart atau Indomaret akan langsung memberitahu jumlah tagihan yang harus dibayar.
  • Anda dapat memberikan uang untuk membayar sejumlah tagihan BPJS lalu taruh struk atau bukti pembayaran.
Baca juga :  Langkah Cepat Cara Menonaktifkan Paket Data Telkomsel

Nah, itulah beberapa langkahcara cek pembayaran BPJSsecara online dan offline yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat. Yuk gabung jadi agen LinKita sekarang, selain kamu bisa cek tagihan dan pembayaran BPJS, kamu juga bisa menjual ke teman2 yang membutuhkan, kamu juga dapat komisi yang lebih. Daftar agen linkita sekarang

 

Kata kunci terkait: Cara cek pembayaran BPJS, cara cek pembayaran BPJS kesehatan, cara cek BPJS sudah bayar atau belum, cara cek bayar BPJS, cara cek BPJS sudah dibayar atau belum, cara melihat tagihan BPJS, cara cek bayar BPJS, cara cek tagihan BPJS, cara cek tagihan BPJS kesehatan

Yuk! Gabung Jadi
Agen LinKita Sekarang

Terpopuler

Solusi Paket Data Telkomsel Tidak Bisa Digunakan
Panduan Lengkap Paket Data dan Pulsa di Batang Termurah
Paket Data Telkomsel 50 Ribu Berapa GB? Info Lengkap di Sini!
Tips Paket Data dan Pulsa di Pemalang Termurah
Paket Data Telkomsel 100 Ribu Berapa GB? Temukan Jawabannya!
Paket Data dan Pulsa di Purbalingga Termurah untuk Anda
Cara Isi Ulang Paket Data Telkomsel Mudah dan Praktis

Artikel Terkait

Paket data Telkomsel tidak bisa digunakan
Paket Data dan Pulsa di Batang
Paket Data Telkomsel 50 Ribu Berapa GB? Temukan Jawabannya!